Selamat datang di website resmi Madrasah Bondowoso Kantor Kementerian Agama Kab. Bondowoso

Senin, 20 April 2015

PEDOMAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) RA/MADRASAH TP. 2015-2016

PPDB-2015

Proses penerimaan peserta didik baru menjadi hal yang rutin selalu dilakukan oleh penyelenggara pendidikan pada setiap awal tahun pelajaran sebagai proses awal pendataan dan seleksi peserta didik yang akan masuk pada tahun pelajaran baru. Tujuan dari penerimaan peserta didik baru memberikan layarian bagi anak usia sekolah /Iulusan untuk memasuki satuan pendidikan yang lebih tinggi secara tertib dan berkualitas.

Sedangkan prinsip penerimaan peserta didik baru adalah :

  1. Semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sarna untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan yang lebih tinggi;

  2. Tidak ada penolakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi yang memenuhi syarat kecuali jika daya tampung di madrasah dan ketentuan waktu proses PPDB telah berakhir;

  3. Sejak awal pendaftaran calon peserta didik dapat menentukan pilihannya ke madrasah negeri atau madrasah swasta.


Pelaksanaan PPDB yang dimulai dari tingkat RA, MI, MTs dan MA diharapkan dapat dilaksanakan secara obyektif, transparan, akuntabel, kompetitif dan tidak diskriminatif sehingga masyarakatj orang tua yang menyekolahkan anaknya ke madrasah dapat terlayani dengan baik. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB III Pasal 4 ayat 1 mengatakan pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan rnenj u nj u np tinggi hak asa si manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.
Dengan hadirnya Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2015 - 2016 ini diharapkan menjadi acuan RA dan Madrasah dalam penyelenggaraan PPDB serta dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Untuk itu silahkan download Pedomannya disini

Semoga pedoman ini bermanfaat bagi kita semua, Amin....




CP. 082232827222




An. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bondowoso

Kasi Pendidikan Madrasah

TTD

Dra. Hj. Muftiyatul Karimah, M.Pd

NIP. 196311271998032001